Jenis Penilaian yang Sesuai dengan Model PAIKEM




a. Penilaian yang sesuai dengan pembelajaran model Pakem adalah penilaian otentik yang merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai.Tujuan
b.  Penilaian otentik itu sendiri adalah untuk:
(1) Menilai Kemampuan Individual melalui tugas tertentu
(2) Menentukan kebutuhan pembelajaran
(3) Membantu dan mendorong siswa
(4) Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baik
(5) Menentukan strategi pembelajaran;
(6) Akuntabilitas lembaga; dan
 (7) Meningkatkan kualitas pendidikan.
c. Bentuk penilaian tes dapat dilakukan secara lisan, tertulis, dan perbuatan. Sementara itu, bentuk penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan skala sikap, cek lis, kuesioner, studi kasus, dan portofolio.
d. Dalam pembelajaran, dengan pendekatan Pakem rangkaian penilaian ini seyogiayanya dilakukan oleh seorang guru. Hal ini disebabkan setiap jenis atau bentuk penilaian tersebut memiliki beberapa kelemahan selain keunggulan.

0 komentar:

Posting Komentar