a. Penilaian yang sesuai dengan
pembelajaran model Pakem adalah penilaian otentik yang merupakan proses
pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian
pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang
mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan
pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai.Tujuan
b.
Penilaian otentik itu sendiri adalah untuk:
(1) Menilai Kemampuan Individual melalui tugas tertentu
(2) Menentukan kebutuhan pembelajaran
(3) Membantu dan mendorong siswa
(4) Membantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih
baik
(5) Menentukan strategi pembelajaran;
(6) Akuntabilitas lembaga; dan
(7) Meningkatkan
kualitas pendidikan.
c. Bentuk penilaian tes dapat
dilakukan secara lisan, tertulis, dan perbuatan. Sementara itu, bentuk
penilaian non tes dilakukan dengan menggunakan skala sikap, cek lis, kuesioner,
studi kasus, dan portofolio.
d. Dalam pembelajaran, dengan pendekatan Pakem
rangkaian penilaian ini seyogiayanya dilakukan oleh seorang guru. Hal ini
disebabkan setiap jenis atau bentuk penilaian tersebut memiliki beberapa
kelemahan selain keunggulan.
0 komentar:
Posting Komentar