Rabu, 01 Mei 2013

macam-macam teknik pembelajaran



Teknik pembelajaran merupakan penjabaran dari metode,  berupa tak tik yang dilakukan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Untuk menjalankan semuah metode dalam proses pembelajaran dapat menggunakan beberapa teknik yang disesesuaikan dengan SK-KD, indikator pembelajaran, kemampuan guru, peserta didik, media pembelajaran yang tersedia dan lain-lain.
Metode Tanya Jawab yang digunakan dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis dalam materi Tajwid pilihan misalnya, dapat dijalankan dengan menggunakan teknik pembelajaran call on the next speaker, sebuah teknik pembelajaran  yang memudahkan bagi pendidik untuk mengajak partisipasi peserta didik dalam kegiatan belajarnya.
Ada banyak teknik yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua teknik pembelajaran cocok untuk digunakan pada semua mata pelajaran dan pokok bahasan. Sebab itu pendidik perlu menguasai beberapa teknik dan menguasai berbagai kemungkinan penerapannya dalam berbagai materi ajar. Penentuan sebuah teknik dalam kegiatan  pembelajaran harus memperhatikan berbagai faktor yang terkait dengannya, misalnya indikator pembelajaran, kemampuan guru, kemampuan peserta didik, media yang tersedia dan lain-lain.
Berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran, terutama dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan siswa (Student oriented).

0 komentar:

Posting Komentar