MODEL PEMBELAJARAN



Model menurut bahasa berarti pola yang menjadi contoh atau acuan (Diknas KBBI: 2008). Apabila disinergikan dengan kata pembelajaran, maka menjadi model pembelajaran yang berarti pola yang menjadi contoh acuan dalam proses usaha yang dilakukan oleh pendidik untuk membantu peserta didik dalam rangka melakukan kegiatan belajar.  Dimana proses usaha yang dilakukan oleh pendidik tersebut meliputi berbagai macam perangkat pembelajaran seperti pendekatan, strategi, metode teknik pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar evaluasi dan lain-lain.
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk di dalamnya buku-buku, film, komputer, kurikulum, dan lain-lain (Joyce, 1992). Selanjutnya Joyce menyatakan bahwa setiap model pembelajaran mengarah kepada desain pembelajaran untuk membantu peserta didik sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Soekamto, dkk (dalam Nurulwati, 2000) mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah: "Kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar." Hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Eggen dan Kauchak bahwa model pembelajaran memberikan kerangka dan arah bagi guru untuk mengajar.
Model pembelajran sebagai ilmu memiliki ciri-ciri berikut; pertama bahwa model pembelajaran harus berdasarkan pada teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli tertentu. Kedua, mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu. Ketiga, dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan pembelajran di kelas. Keempat, memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran. Dan kelima, membuat persiapan mengajar (desain instruk-sional) dengan pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.
Secara singkat model pembelajaran dapat didefinisikan sebagai bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran.

0 komentar:

Poskan Komentar