Senin, 08 April 2013

Metode Bermain Jawaban



Metode bermain jawaban adalah metode mengajar yang memungkinkan terjadinya komunikasi langsung yang bersifat two way traffic. Sebab pada saat yang sama terjadi dialog antara guru dan siswa. Metode bermain ini dapat melibatkan semua siswa dari awal sampai akhir. Dalam permainan ini mereka ditantang untuk mencari jawaban yang benar dan sekaligus bergantung pada faktor keberuntungan. Permainan ini dapat digunakan untuk pretest maupun posttest, selain untuk mengajarkan materi yang baru. Dalam permainan ini guru mengajar dengan menggunakan jawaban-jawaban yang ditemukan oleh siswa.
Zaini dkk. megemukakan langkah-langkah sebelum guru melakukan metode bermain jawaban sebagai berikut (Hisyam Zaini, dkk: 2008):
1)      Guru membuat pertanyaan yang memerlukan jawaban ringkas dan masing-masing ditulis pada selembar kertas.
2)      Guru menulis sejumlah kemungkinan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan nomor 1. Jumlah jawaban harus lebih banyak dari jumlah pertanyaan.
3)      Guru mengelompokkan jawaban-jawaban yang dibuat pada langkah ke dua sesuai dengan kategori tertentu.
4)      Guru memasukkan jawaban-jawaban tersebut ke dalam kotak-kotak kertas. Setiap kotak ditulisi nama kategori sesuai dengan kategori jawaban. Guru menempelkan kotak-kotak kertas yang berisi jawaban-jawaban pada selembar kertas karton. Kemudian dipasang di depan kelas.

1 komentar: