Dalam teknik Card Sort ini,
pelaksanaannya menuntut aktivitas kerjasama diantara peserta didik dalam
mengajarkan konsep, karekteristik klasifikasi, fakta tentang benda, atau
menilai informasi. Beberapa hal prosedural yang perlu dilakukan oleh seorang
pendidik untuk menggerakkan siswa melakukan teknik pembelajaran ini adalah
sebagai berikut;
1)
Guru
dapat memberikan motivasi terlebih dahulu sebelum melaksanakan teknik ini,
misalnya dengan memberikan penghargaan bagi mereka yang sungguh-sungguh dalam
menjalankan tugas.
2)
Membagi
kertas berisi informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau beberapa
kategori kepada siswa.
3)
Meminta
siswa untuk berkeliling mencari pasangan kategori yang sama.
4)
Mengelompokkan
siswa dalam beberapa kelompok sesuai dengan kategorinya
5)
Mempresentasikan
materi pelajaran sesuai dengan kategorinya.
Dalam pembelajaran al-Qur’an
Hadis teknik card sort ini, dapat disinergikan dengan metode diskusi untuk
pembelajaran materi tajwid. Misalnya untuk materi hukum nun sukun dan tanwin
di sana terdapat empat kategori bacaan yaitu izdhar, idgham, iqlab dan
ikhfa.
assalamu'alaikum
BalasHapusWa'alaikumsalam
BalasHapus