Teknik pembelajaran peta konsep
dapat mendorong kreativitas siswa untuk
berani mengemukakan gagasan mereka. Mereka dituntut untuk dapat mencatat
dan mengidentifikasi materi pembelajaran sesuai dengan alam pikiran mereka. Dalam
teknik ini pendidik menuntut siswa dapat menggambarkan konsep pengetahuan yang
telah dipelajari oleh siswa dalam bentuk diagram atau gambar.
Untuk melaksanakan teknik
pembelajaran peta konsep ini, prosedurnya secara sederhana adalah sebagai
berikut;
1)
Guru membagikan bacaan dan
menyuruh peserta didik untuk dibacanya
2)
Selanjutnya para siswa
diperintahkan mencari keyword (kata kunci) yang merupakan bagian-bagian
konsep yang akan dirangkai dijadikan gambar atau diagram
3)
Guru meminta siswa untuk menuangkan
dalam peta konsep berupa gambar atau diagram
4)
Terakhir menjelaskan konsep
yang terdapat dalam gambar atau diagram.
Dalam pembelajaran al-Qur’an
Hadis, teknik peta konsep ini dapat sangat dibutuhkan dalam berbagai materi
ajar yang ada, terutama pada materi tajwid. Teknik ini cocok disinergikan
dengan metode ceramah, resitasi dan diskusi.
untuk teknik ini ada saran untuk bahasa inggris ?
BalasHapus