Rabu, 01 Mei 2013

Teknik Peta Konsep (Concept Map)



Teknik pembelajaran peta konsep dapat mendorong kreativitas siswa untuk  berani mengemukakan gagasan mereka. Mereka dituntut untuk dapat mencatat dan mengidentifikasi materi pembelajaran sesuai dengan alam pikiran mereka. Dalam teknik ini pendidik menuntut siswa dapat menggambarkan konsep pengetahuan yang telah dipelajari oleh siswa dalam bentuk diagram atau gambar.
Untuk melaksanakan teknik pembelajaran peta konsep ini, prosedurnya secara sederhana adalah sebagai berikut;
1)        Guru membagikan bacaan dan menyuruh peserta didik untuk dibacanya
2)        Selanjutnya para siswa diperintahkan mencari keyword (kata kunci) yang merupakan bagian-bagian konsep yang akan dirangkai dijadikan gambar atau diagram
3)        Guru meminta siswa untuk menuangkan dalam peta konsep berupa gambar atau diagram
4)        Terakhir menjelaskan konsep yang terdapat dalam gambar atau diagram.
Dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis, teknik peta konsep ini dapat sangat dibutuhkan dalam berbagai materi ajar yang ada, terutama pada materi tajwid. Teknik ini cocok disinergikan dengan metode ceramah, resitasi dan diskusi.

1 komentar: