Kamis, 11 Agustus 2016

Perangkat Pembelajaran



Perangkat pembelajaran merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga para guru dituntut untuk memahami serta terampil dalam menerapkan perangkat tersebut dalam situasi pembelajaran di kelas. Secara sederhana perangkat pembelajaran yang terkait langsung dengan peraktik pembelajaran di kelas adalah adanya silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran beserta komponen-komponen lain yang menyertainya, yaitu media pembelajaran atau alat bantu pembelajaran (learning aid) dan bahan ajar. Keempat hal ini, mempunyai peran dan fungsi strategis dalam rangka menunjang kemampuan pedagogik guru khususnya dalam proses pembelajaran yang berbasis pada Kurikulum 2013 yang lebih mengedepankan pendidikan karakter dan scientific approach. 
Secara umum silabus dijadikan patokan guru untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi. Kaitannya dengan Kurikulum 2013, RPP merupakan komponen penting yang pengembangannya dilakukan oleh guru dan selanjutnya dijadikan pedoman atau skenario pembelajaran. Guru mempunyai kewenangan untuk menyusun RPP sesuai dengan karakteristik dan kondisi peserta didik dan sekolah, serta kemampuan guru sendiri. RPP ini merupakan realisasi dari pembelajaran yang telah ditetapkan dalam silabus. Pembuatan RPP dalam skenario pembelajarannya harus mencerminkan proses pembelajaran aktif dan menyenangkan.
Kemudian untuk menunjang keberhasilan pembelajaran, guru juga dituntut untuk dapat menggunakan media atau alat bantu pembelajaran serta mengembangkan bahan ajar yang disesuaikan dengan tujuan, materi dan kondisi subjek didik. Dengan demikian, setiap guru hendaknya menguasai silabus, dapat menyususn RPP dan terampil menggunakan media atau alatbantu pembelajaran serta memilih bahan ajar yang sesuai. Hal inilah yang akan dibahas dalam modul ini.

0 komentar:

Posting Komentar