Rabu, 01 Mei 2013

Teknik Critical Incident



Teknik Critical Incident (CIT) adalah satu cara yang digunakan untuk mengumpulkan pengamatan langsung perilaku manusia yang secara kritis dan prosedural yang  memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Pengamatan ini kemudian disimpan melacak sebagai insiden, yang kemudian digunakan untuk memecahkan masalah praktis dan mengembangkan prinsip-prinsip psikologis secara luas. Seatu kritik insiden dapat digambarkan sebagai salah satu hal yang memberi kontribusi positif maupun negatif yang signifikan terhadap  aktivitas atau fenomena. Insiden kritis dapat dikumpulkan dalam berbagai cara, tetapi biasanya responden diminta untuk bercerita tentang pengalaman mereka memiliki.
CIT adalah cara yang fleksibel yang biasanya bergantung pada lima hal penting, yitu:
1)      Menentukan dan mengkaji kejadian
2)      Pencarian fakta, yang melibatkan pengumpulan rincian insiden dari para peserta.
3)      Mengidentifikasi isu-isu.
4)      Membuat cara untuk menyelesaikan masalah berdasarkan solusi berbagai kemungkinan.
5)   Evaluasi, yang akan menentukan apakah solusi yang terpilih akan menyelesaikan akar penyebab situasi dan tidak akan menyebabkan masalah lebih lanjut.
Teknik Critical Incident (CIT), dalam pembelajaran sangat cocok disinergikan pada stategi pembelajaran kontektual (CTL) dengan metode tanya jawab dan diskusi. Dalam pembelajaran al-Qur’an Hadis cocok digunakan pada materi-materi yang bersifat pemahaman yang berhubungan dengan realita sosial, seperti memahami tafsir surat al-Ma’un.

2 komentar:

  1. contoh CIT ni gmn to? sya blum paham,.. XD

    BalasHapus
  2. Asslmualkum
    apakah ada buku rujukannya atau sumber buku kalo ada boleh kah saya meminta izin untuk memita nama pustakanya. trimss

    BalasHapus